だらしない (Ceroboh)

| Senin, 27 Januari 2020 | , |

     Hal ini baru pertama kali terjadi semenjak Desember tahun lalu aku menempati asrama khusus staf ini. Hari itu entah apa yang menggeluti pikiranku, hingga hal ini terjadi. Mungkin bagi sebagian orang hal ini bukanlah hal yang besar, tapi bagiku entah mengapa hal ini kuanggap sebagai salah satu kelalaianku dalam memanage kehidupan. Padahal saat ini aku masih tinggal sendiri, belum ada orang yang harus aku rawat dan urusi. Setiap harinya hanya bergelut dengan pekerjaanku sebagai perawat lansia di salah satu daerah di Prefecture Okayama, Jepang. Belum ada orang yang menjadi tanggungan yang mengharuskan aku memasak untuknya, menyuci dan menyetrika bajunya, dan semua hal tentang memenuhi kebutuhan orang lain. Saat ini aku hanya dituntut untuk memenuhi kebutuhanku sendiri.
     Hal yang sepele, bahkan sangat sepele. Yaa, hari itu aku lupa mematikan air conditioner di kamarku sebelum berangkat kerja. Parahnya adalah dihari itu aku masuk kerja dengan shift terpanjang dibandingkan dengan shift lain. Yaa, shift malam, yang dalam bahasa Jepangnya disebut 夜勤(yaking). Shift malam ini memakan waktu 16 jam. Sedikit berbeda dengan sistem shift malam perawat di Indonesia. Sebagai contoh, mulai kerja di jam 16:00 hari ini dan selesai jam kerjanya adalah dihari berikutnya pukul 9:00 JST, dengan waktu istirahat 1 jam. Dan biasanya, aku berangkat kerja 1 jam lebih awal, dan pulang 1 jam lebih telat. Jadi jika dikalkulasikan AC di kamarku hidup 18 jam nonstop.
     Aku menyadari hal ini saat pulang ke rumah dan tiba di halaman depan, kulihat mesin AC kamarku berputar. Saat itu tubuhku terasa melayang,  pikiranku langsung terbang kejumlah tagihan listrik yang harus aku bayar bulan ini. Sudah menjadi rahasia publik bahwa biaya kehidupan di Jepang itu mahal, dan aku malah ceroboh dan tidak berhati-hati. Aku tidak sanggup berkata apa-apa lagi, toh nasi sudah menjadi bubur. Aku yakin pasti ada hikmah dibalik cerobohnya aku hari itu. Satu hal yang pasti sejak hari itu aku bertekad untuk lebih teliti, dalam hal sekecil apapun. Huft, hidup ini tidak mudah ya.


#nulisyukbatch44
#challenge30harimenulis
#day6

edit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama

Mengenai Saya

Assalamu'alaikum, teman-teman para readersss semua, kenalin, aku Nila, lulusan Keperawatan. Sekarang sedang berdomisili di Jepang sebagai perawat lansia Jepang. 頑張ろう皆
Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

© Design 1/2 a px. · 2015 · Pattern Template by Simzu · © Content Zona Pengikat Ilmu