JLPT N2 合格

| Rabu, 22 Januari 2020 | |

     22 Januari 2020 merupakan salah satu hari yang kunantikan di awal tahun ini. Tidak lain dan tidak bukan karena hasil ujian JLPT untuk Level N2 yang aku ikuti awal Desember tahun lalu akan diumumkan pada hari ini. JLPT adalah singkatan dari Japanese Language Proficiency Test atau dalam bahasa Jepangnya disebut 日本語能力試験 (Nihongo Nouryoku Shiken), yaa semacam TOEFL versi Jepanglah.
     JLPT ini terdiri dari 5 level, N5 hingga N1. Dimana N5 adalah level yang paling dasar. Jenis-jenis sectionnya kurang lebih sama dengan TOEFL. JLPT ini juga terdiri dari Vocabulary, Grammar, Reading dan Listening Section. Setiap levelnya memiliki kompetensi dan passing grade tersendiri. Di section vocabulary selain memahami arti vocab, kita juga dituntut untuk bisa memahami cara pemakaian vocab tersebut. Selain itu juga ada pertanyaan berupa arti dari huruf kanji dan cara bacanya. Yaa, mungkin ini yang menjadi ciri khasnya bahasa Jepang, dalam penulisan bahasa Jepang terdapat tiga jenis huruf yang digunakan, hiragana, katakana dan kanji. Jujur, bagiku yang paling sulit dipahami dan diingat adalah kanji.  Mungkin suatu saat aku akan membuat tulisan mengenai huruf-huruf yang digunakan dalam aksara bahasa Jepang.
     Sejujurnya untuk level N2 ini aku tidak memiliki kepercayaan diri akan lulus. Orang Jepang biasa menyebutnya 自信がない(jishin ga nai). Bagaimana tidak, saat ujian aku sempat beberapa kali hilang fokus, sempat terlelap kurang lebih 2 menit saat ujian berlangsung (mohon jangan dicontoh) dan persipan yang kulakukan benar-benar jauh dari kata matang. Oleh karenanya, hari ini saat membuka website dan login ke akun JLPTku, aku sudah mempersiapkan hati jika memang nanti hasilnya aku tidak lulus. Tetapi, lagi-lagi aku harus banyak-banyak bersyukur kepadaNya. Hari inipun Allah masih terus memberikan kejutan-kejutan nikmat yang tidak kusangka-sangka dan diluar prediksiku. Yang awalnya aku sudah pesimis tidak akan lulus, begitu kubuka akun JLPTku, tulisan passed terpampang didepan mataku. Sempat ragu dan tidak percaya, aku log out dan mencoba sgin in kembali. Tetapi hasilnya masih sama, passed dengan score 113/180. Alhamdulillah,syukurku tak henti-hentinya kepadaMu Rabb.
     Yaa, beginilah adanya kehidupan ini. Ada banyak hal yang diluar dugaan terjadi. Hal yang menurut kita baik ternyata di mataNya malah sebaliknya. Hal yang kita anggap mustahil, malah sangat mudah bagiNya. Satu hal yang pasti, apapun yang terjadi pasti merupakan skenario terbaik dariNya.

#nulisyukbatch44
#challenge30harimenulis
#day1

         

edit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama

Mengenai Saya

Assalamu'alaikum, teman-teman para readersss semua, kenalin, aku Nila, lulusan Keperawatan. Sekarang sedang berdomisili di Jepang sebagai perawat lansia Jepang. 頑張ろう皆
Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

© Design 1/2 a px. · 2015 · Pattern Template by Simzu · © Content Zona Pengikat Ilmu